Dinkes Lahat Himbau Masyarakat Untuk Tidak Panik

beritalahat.com-lahat-Juru bicara Gugus tugas Covid 19 Lahat, Taufik M Putra menghimbau masyarakat untuk tidak panik menanggapi maraknya penyebaran pandemi covid 19. Sebab, dapat berdampak pada kesehatan, menurunnya imunitas tubuh manusia hingga mudah terserang penyakit bahkan Covid-19, Kamis (02/04/2020).

“Masyarakat harus lebih intensif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, rajin mencuci tangan memakai sabun, melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), berjemur di bawah matahari pagi hari dan tidak dulu atau menunda berpergian ke luar kota, serta menghindari sosial distancing (berkumpul secara bersamaan dalam satu ruangan/tempat),” papar Taufik, saat dibincangi sejumlah wartawan.

Data yang terhimpun Dinkes Kabupaten Lahat, jumlah total Orang Dalam Pengawasan saat ini (ODP) mencapai 19 orang, Pelaku Perjalanan (PP) berjumlah 1157 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 0 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 0 orang.

“ODP tersebut berdasarkan data laporan dari 33 Puskesmas Pemerintahan Desa RT dan RW yang tersebar di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat,” urainya.

Meski demikian, Pemkab Lahat berharap agar masyarakat ikut serta dalam mencegah penyebaran virus corona, terutama bagi warga yang baru pulang dari luar kota, apalagi daerah yang sudah terjangkit seperti Jakarta dan Bandung.

“Bagi yang dari luar kota, agar dapat mengisolasi diri di dalam rumah selama 14 hari dan jika mengalami gejala seperti batuk, pilek tenggorokan gatal dan sesak nafas segera memeriksakan diri ke RSUD, yang telah ditunjuk. dr Evi selaku spesialis paru paru yang akan mendiagnosis serta memberikan tindakan medis, untuk penyembuhan dan memastikan pasien tersebut terjangkit suspect virus corona atau tidak,” tuturnya.