Walau Mustahil, Semoga Transparansinya Dapat Terwujud

Lahat,Editorial-beritalahat.com-Walau merupakan suatu kemustahilan, namun saya masih berharap apa yang mereka ikuti dapat masuk kedalam sanubari, melekat di dalam otak dan dilaksanakan dengan nyata.

Hari Selasa, 22 September 2020, Wabup Lahat bersama Inspektur Kabupaten Lahat Yunisa dan Kepala Badan Keuangan Daerah Lahat Sahabadi beserta staf OPD terkait mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 secara virtual di Oproom pemkab Lahat. Pelaksanaan Rakernas tahun ini bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional serta mendorong optimalisasi penggunaan teknologi informasi di era adaptasi kebiasaan baru tahun 2020 mengambil tema Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara Dalam Penanganan Covid19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Saya terharu membaca dengan kata “transparan” yang ditulis di laman FB Dinas Kominfo Lahat, mengapa terharu? Karena sampai sekarang saya tidak pernah melihat adanya keterbukaan atau transparansi pengelolaan keuangan di Kabupaten Lahat. padahal Undang Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik sudah mengamanatkan bahwa setiap badan publik wajib mengumumkan informasi publik secara berkala yang didalamnya juga termasuk laporan keuangan.

Jika mau, jika berani, mari kita bertransparansi ria, sederhana saja, namun entah apakah anda akan menjawabnya, sampai hari ini berapa anggaran penanggulangan covid 19 yang telah digunakan untuk melaksanakan Rapid Tes dan SWAB tes? Dan mampukah Pemkab Lahat membuka keruang publik, semua laporan penggunaan anggaran penanggulangan Covid 19 secara detail?

Sebagai penutup, saya ulangi judul editorial ini, Walau Mustahil, Semoga Transparansinya dapat Terwujud (red/ZZ)