Kebakaran Pasar Bawah dan Uluran Tangan Pemerintah

Lahat,editorial-beritalahat.com-Peristiwa kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan menghanguskan lebih dari 70 rumah, Minggu (4/10), ratusan warga pun kehilangan tempat tinggal. Saat ini warga mengungsi ke rumah rumah kerabat dekatnya.

Berbagai simpati datang dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum hingga ke pejabat pemerintahan Kabupaten Lahat, begitupun dengan Cik Ujang, Bupati Lahat yang pada saat kebakaran terjadi ikut memadamkan api. Bantuan pun terus mengalir, mulai dari bahan makanan hingga ke keperluan lainnya.

Instansi pemerintah Lahat berjibaku untuk meringankan beban warga yang tertimpa musibah, mulai dari petugas pemadam kebakaran hingga tim medis dari Dinas Kesehatan yang berjaga untuk melayani kesehatan masyarakat serta Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang beserta anggotanya memberikan bantuan berupa beras, pakaian, uang dan bantuan lainnya yang saat itu diperlukan masyarakat. Sekda Lahat, Wabub Lahat,TNI, Polres Lahat, Anggota DPRD Lahat, Perusahaan, Komunitas, Lembaga Kepemudaan, Lembaga Swadaya, semua lapisan masyarakat telah mengerahkan segala daya dan upaya untuk membantu saudara saudaranya yang saat ini sedang tertimpa musibah.

Bupati Lahat Cik Ujang memantau kondisi warga setiap hari, ia datang menemui warga dan berkeliling untuk melihat langsung sisa sisa bangunan yang roboh akibat diterjang api. Keluh kesah, air mata, duka dan kesedihan tertumpah dari wajah wajah masyarakat saat memeluk erat tubuh pemimpinnya. Betapa harapan mereka untuk sebuah kehidupan yang lebih baik tersampai saat pemimpinnya hadir di tengah tengah musibah yang melanda. Cik Ujang, Bupati Lahat, yang dipundaknya kini bersandar harapan seluruh masyarakat Kabupaten Lahat .

Kebijakan datang dan terucap, Cik Ujang mengatakan Pemkab Lahat akan membangun kembali rumah rumah warga yang roboh, membangun rumah masyarakat kembali ini juga pernah dilakukan pada warga Kecamatan Mulak Sebingkai dan Warga Kecamatan Kikim Timur yang rumahnya roboh akibat diterjang banjir beberapa waktu yang lalu. (Zaifudin Zuhri/Red/Ed/ft:Adit)

Foto : Kondisi Rumah Warga Pasca Kebakaran