Pertamina Tidak Transparan, Warga Menunggu Pertamina Sumbagsel Publikasikan Jumlah dan nama Pangkalan LPG Se Kabupaten Lahat

Lahat,beritalahat.com-Masyarakat Lahat menunggu Pertamina membuka atau mempublikasikan jumlah dan nama pangkalan gas LPG 3 KG di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Baru baru ini, karena sudah dipublikasikan data jumlah dan nama pangkalan yang bersumber dari Bagian SDA Lahat yang diberikan Sanderson, Ketua LKI Lahat Raya kepada Redaksi beritalahat.com baru pihak Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Sumbagsel, Dewi Sri Utami memberikan data jumlah dan nama Pangkalan gas LPG, namun hanya data di Kecamatan Lahat.

“Data yang kami berikan kemarin bersumber bagian SDA Sekretariat Lahat, memang ada yg sudah di PHU dan masih banyak ngumpul dalam satu desa/kelurahan, belum ada data terbaru yang didapat, Inilah yang akan kita sebarkan ke desa dan kelurahan lain, data ini dibagikan setidaknya ada TRANSPARANSI bagi masyarakat mau beli dimana,” kata Sanderson

Pihak pertamina pun langsung membantah data itu dan memberikan data jumlah dan nama pangkalan yang melakukan bongkar serentak.  Pertamina hanya memberikan dan mempublikasikan jumlah dan nama pangkalan yang ada di Kecamatan Lahat.

“Seharusnya mereka selaku badan publik tahu mana data yang wajib dibuka tanpa diminta dan yang harus diminta. Data pangkalan itu wajib dibuka, apalagi dalam kondisi seperti ini,” kata Sanderson.

Menurut Info terakhir, pangkalan semula 273 sudah menjadi 318 pangkalan dan akan terus bertambah melengkapi 1 desa dan kelurahan, namun pihak Pertamina belum membuka Tranparansi dimana pangkalan yg baru tersebut.

Selama dua minggu terakhir, warga harus antri di Pangkalan gas LPG untuk mendapatkan gas LPG 3 KG karena Gas LPG 3 KG tidakdiperbolehkan lagi dijual di warung warung dan masyarakatpun tidak tahu jumlah dan nama Pangkalan gas LPG dalam wilayah Kabupaten Lahat. Warga pun berharap agar pihak Pertamina Sumbagsel secepatnya mempublikasikan Jumlah dan Nama pangkalan gas LPG di Kabupaten Lahat.

“Jika masyarakat tahu, kan tidak perlu mengantri di satu pangkalan, memang selama ini kami tidak mendapatkan informasi keberadaan pangkalan gas LPG 3 KG, jadi baiknya memang harus dipublikasikan,” kata Agus, warga Talang Jawa.

Sementara itu, dihubungi via WA, Pihak Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Sumbagsel hanya memberikan jawaban singkat bahwa mau fokus bongkar besok pagi.

“Malam Mas, kami masih fokus untuk bongkar besok pagi,” kata Dewi Sri Utami (red/)