MPC PP Lahat, Peringati Hari Sumpah Pemuda, Harlah Pemuda Pancasila dan Sapma

Lahat,beritalahat.com- Pagi hari ini, Rabu (28/10/2020), Taman Makam Pahlawan (TMP) Puspa Bhakti Kelurahan Bandar Agung kedatangan puluhan anak muda dengan semangat terpancar di wajah mereka. Seragam loreng didominasi warna orange yang mereka kenakan sudah tidak asing lagi bagi siapa pun jua yang melihatnya. Inilah barisan Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Lahat yang diketuai oleh Tanhar Effendi.

Derap suara hentakan kaki ala baris berbaris dan teriakan lantang mengatur barisan menandakan pasukan organisasi yang didirikan sejak 61 tahun silam ini tengah menggelar sebuah upacara. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang ke 92, Pemuda Pancasila juga memperingati Harlah yang ke 61. Begitu juga dengan Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) yang turut merayakan hari lahir yang ke 32 tahun.

Upacara yang turut diikuti Sapma, Srikandi, dan Koti berlangsung begitu khusyu dan khidmat. Aura kewibawaan terasa begitu kuat tatkala Tanhar Effendi selaku pembina upacara memasuki lapangan upacara. Antusias dan semangat para peserta upacara kian menggelegak tatkala Sumpah Pemuda dan Ikrar Pemuda Pancasila dikumandangkan. Nyanyian lagu-lagu perjuangan semakin membawa nuansa haru ke tengah lapangan TMP Puspa Bhakti.

Seusai dilangsungkan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, Tanhar Effendi membawa tim MPC PP Lahat menuju ke makam para pahlawan. Tangan kepemimpinannya menaburkan bunga-bunga diiringi sholawat dan doa dari anggota MPC PP Lahat.

“Saya berharap para pemuda khususnya di Kabupaten Lahat, berkembang menjadi pemuda yang inovatif, dengan nasionalisme yang tinggi, selalu berfikir dan berprilaku positif. Generasi muda adalah ujung tombak kemajuan bangsa. Dari itu dengan semangat sumpah pemuda yang terus dijaga dalam diri kita, Insyaallah bangsa kita menjadi bangsa yang berkemajuan.” Begitulah Tanhar Effendi menyampaikan kesannya terhadap peringatan Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020 ini.

Tidak lupa, suami dari Ketua Srikandi PP Dina Komala Sari ini, membeberkan harapannya kepada MPC PP Lahat ke depan.

“Saya berharap di usia Pemuda Pancasila yang ke 61, khususnya MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lahat akan senantiasa memberi kebermanfaatan dan dapat diterima di tengah masyarakat. Menjalankan program-program untuk kerakyatan,” ujarnya lagi dengan penuh ketegasan.

Waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB. Kegiatan MPC PP Lahat tidak berhenti sampai di situ. Barisan Ormas yang dikenal dengan slogan ‘Pancasila Abadi dan NKRI Harga Mati’ melanjutkan perjalanan menuju Markas Besar MPC PP Lahat di kawasan Lembayung.

Di Mabes, sebuah tumpeng menanti kepulangan para anggota MPC PP. Pertanda sebuah perayaan kecil akan dilangsungkan.

Kembali, Tanhar Effendi memberikan wejangan kepada para anggota MPC PP Lahat, tidak lupa dirinya juga mengucapkan selamat atas Hari Jadi Sapma yang ke 32.

Untaian doa yang dikhalifahi Waka 1 MPC PP Lahat, Hefra Lahaldi, terlantun dengan penuh pengharapan.

“Jadikan kami Ormas yang terus bergerak untuk kemaslahatan,” begitulah sepenggal doa Hefra Lahaldi yang dikutip pewarta.

Dina Komala Sari, Khairul Anwar, Habibullah, Farida, Sisil Gumay, dan petinggi MPC PP Lahat lainnya bergiliran mendapat suapan potongan tumpeng dari Ketua MPC PP Lahat yang juga anggota komisi 1 DPRD Lahat, Tanhar Effendi.