Bimtek SIRUP, Bimtek yang sia sia?

Lahat,beritalahat.com-Baru baru ini Pemkab Lahat melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemda Lahat melaksakan Bimtek sistem informasi rencana Umum Penganggaran  (SIRUP), dengan adanya pelatihan yang menggunakan anggran sebesar Rp. 75 juta ini diharapkan memberikan implikasi terhadap efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan keuangan negara, Namun sayang pelatihan tersebut tampaknya sia sia karena RUP intansi Pemerintah Lahat banyak yang belum di isi.Bimtek SIRUP dilaksanakan selama dua hari dengan pemateri atau nara sumber yang berasal dari Dari Biro pengadaan barang dan jasa Setda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (5/11).

Namun walau telah mengikuti Bimtek, sampai saat ini masih banyak instansi pemerintah Lahat yang belum mengisi SIRUP, antara lain yaitu : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang dikepalai oleh Surya Desman, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Lahat yang dikepalai oleh Syamsul Kusirin, Bagian Adm Kewilayahan dan Otda, Dinas PEmberdayaan Perempuan dan perlindungan anak dan Dinas Perhubungan sedangkan untuk kecamatan hanya terisi dua kecamatan saja yaitu kecamatan Lahat Selatan dan Kecamatan Pseksu

RUP mulai diumumkan setelah tersedia anggaran dalam DIPA/DPA dan RKA-KL/RKA-DPA dibahas dengan DPR/DPRD. Sesuai Perpres 16/2018 Pasal 22 disebutkan jika RUP telah diumumkan dan terjadi perubahan pada saat DIPA/DPA disahkan, maka RUP yang telah diumumkan dapat dilakukan perubahan/perbaikan (edit paket-paket pekerjaan dengan melalui penyedia dan kegiatan swakelola). RUP sendiri paling lambat diumumkan pada pada awal bulan Januari. Hal ini untuk memastikan proses pengadaan barang/jasa agar dapat segera dilaksanakan untuk mencegah terjadinya keterlambatan penyelesaian pekerjaan.

Merujuk pada Perpres tersebut, Pemerintah diwajibkan untuk mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang/Jasa secara terbuka kepada masyarakat luas. Kiranya agar menghindari penyalahgunaan dalam penggunaan dana APBN/APBD serta sesuai dengan salah satu prinsip dasar Pengadaan Barang/Jasa yakni Transparansi. (red/dari beberapa sumber)