Ribuan Baret Garda Pemuda NasDem Ikuti Apel Siaga Pemenangan

JAKARTA-BL-Garda Pemuda NasDem (GPND) menggelar Apel Siaga Baret di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6). Apel Siaga Baret digelar sebagai persiapan menjelang pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem 2022 yang digelar mulai 15-17 Juni 2022.

Dalam Apel Siaga Baret kali ini diikuti sebanyak 1.200 personel Baret Garda Pemuda NasDem. Sepanjang prosesinya juga diisi dengan parade kebudayaan persembahan seluruh DPW NasDem se-Indonesia. Setelah itu ditutup dengan peluncuran kendaraan operasional pemenangan kepada seluruh pengurus Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) di Indonesia.

Pada kesempatan itu Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kader Garda Pemuda NasDem yang senantiasa terus menjaga semangat baik di tengah hujan, di tengah terik matahari siang dan malam tetap memiliki semangat dan tekad membawa perubahan.

“Itulah kita, itulah jati diri kita. Kita adalah pengawal Partai NasDem,” kata Prananda Surya Paloh.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem itu juga menekankan, selama ini GPND terus melebarkan sayap dan telah banyak mencapai kepengurusan baik itu di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota hingga beberapa kecamatan telah selesai dilakukan. Prananda menyakini pemuda NasDem dapat mendongkrak suara di Pemilu 2024.

“Ini masuk tahun politik, kita jangan hanya menggunakan otot, tapi juga harus menggunakan otak. Kami siap untuk kemenangan Partai NasDem. Target 100 kursi DPR RI, 30 persen dari Garda Pemuda NasDem,” ujar Prananda.

Kontribusi GPND, terang Prananda, telah mengalami kenaikan suara signifikan dari 2014 ke 2019. “Kita menyumbangkan 11 anggota DPR RI yang dari kader Garda Pemuda NasDem, 19 anggota DPRD Provinsi, 124 anggota DPRD kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Dia juga mengakui sekarang ini situasi bangsa masih terjebak polarisasi. Masih kerap terjadi sikap saling menjelekkan sesama anak bangsa. 

“Tugas Garda Pemuda NasDem menyatukannya agar kita tetap  di dalam NKRI. Saya yakin Garda Pemuda NasDem akan berkorban menjadi garda tersepan untuk utuhnya NKRI dan Bhinneka Tunggal ika, ” tegas putra Surya Paloh tersebut.

Prananda menambahkan, Partai NasDem menyadari betul GPND bukan hanya menekankan pada kerja politik, namun juga harus dibarengi dengan kerja sosial di masyarakat. Termasuk apa yang ditorehkan GPND saat berada di garda terdepan bersama warga keluar dari krisis pandemi.

“Kita siap berada di situasi manapun, di saat pandemi lalu kawan-kawanku kita telah melakukan vaksin, bantuan sosial dan satu hal yang membuat kita bangga bersama satu-satunya organ kepemudaan yang sukses melakukan donor plasma adalah organisasi Garda Pemuda NasDem,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menilai apel siaga ini sebagai hal yang sangat membesarkan hati.

Menurutnya, pemuda memberikan catatan sendiri. Pemuda mengambil inisiatif dalam membawa suasana baru untuk perubahan.

“Catatan sejarah awal kelahiran proklamasi dimotori oleh pemuda. Dan bahwasanya bangsa ini harus memperjuangkan suatu yang mendasar menjadi pegangan teguh sebagai suatu bangsa, cinta tanah air, cinta pada bangsa. Inilah yang paling mendasar dari yang kita miliki,” kata Surya.

Dalam kesempatan apel siaga ini, selaku ketua Bapilu NasDem Prananda menyerahkan kendaraan operasional pemenangan pemilu kepada 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem se Indonesia.

Selain Prananda dan Surya Paloh, hadir dalam apel siaga itu antara lain Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali, Sekjen Johnny G Plate, serta Gubernur Akademi Bela Negara NasDem Mayjen TNI (Purn) IGK Manila. (red)