Pemanasan Menjelang Porprov, FPTI Lahat Gelar Kejuaraan Panjat Tebing

Lahat, BL – Menjelang digelarnya pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumsel XIV tahun 2023 yang akan berlangsung di Kabupaten Lahat, Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI) Pengkab Lahat mulai melakukan berbagai persiapan untuk menjaring bibit-bibit atlit. Diantaranya dengan menggelar kejuaraan panjat tebing yang akan digelar di halaman GOR Bukit Tunjuk Lahat, pada tanggal 30- 31 Juli mendatang.

Dalam kejuaraan panjat tebing ini, FPTI Lahat akan mempertandingkan 9 kategori kelas yang berbeda, dengan tidak memungut biaya pendaftaran sama sekali. Bahkan, untuk menarik minat dan antusiasme para peserta, panitia sudah menyiapkan hadiah berupa medali dan uang pembinaan dengan total belasan juta rupiah untuk para pemenang. Sementara itu, untuk kelas yang akan dipertandingkan dalam kejuaraan kali ini ialah, Lead umum putra-putri (Se-Sumsel) Lead umum putra-putri (lokal) Lead youth putra-putri (lokal) Lead spyder kid (lokal) Speed clasic umum putra-putri (Se-Sumsel).

Ketua umum FPTI Pengkab Lahat AS. Resmiadi S. Tr didampingi ketua pelaksana Heri Hartono, SE mengungkapkan, kejuaraan yang akan digelar ini merupakan salah satu program FPTI Pengkab Lahat, untuk menjaring bibit-bibit atlit muda yang nantinya dipersiapkan, guna membawa dan mengharumkan nama Kabupaten Lahat dalam kejuaraan tingkat provinsi (Porprov) 2023 dan 2025 mendatang.

“Tujuannya untuk menjaring bibit-bibit atlit muda U-12 dan U-17 yang berprestasi di cabor panjat tebing, untuk persiapan Porprov 2023 dan 2025. Apalagi 2023 ini Lahat menjadi tuan rumah, makanya persiapannya harus lebih matang dari Kabupaten/Kota lainnya,” kata Heri, Senin (4/7/2022).

Dalam pergelaran Porprov di tahun sebelumnya, FPTI Pengkab Lahat mampu untuk bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel. Pada pergelaran Porprov tahun 2019 di Kota Prabumulih misalnya, FPTI Lahat sukses menduduki urutan ketiga dengan mempersembahkan 4 emas 3 perak dan 4 perunggu, dibawah Palembang dan Musi Banyuasin.

“Semoga saja, dengan kita menjadi tuan rumah Porprov tahun depan, dapat menjadi motivasi tersendiri bagi para atlit kita untuk lebih intens berlatih hingga mampu meningkatkan torehan prestasi yang sudah kita peroleh,” tutup Heri.