Fitrizal Homizi, Buka Rapat Paripurna DPRD Lahat XIII Masa Persidangan ke tiga

Lahat, BL – Rapat paripurna DPRD Lahat XIII masa persidangan ke tiga DPRD Lahat Dibuka, rapat yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Lahat membahas rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Lahat tahun anggaran 2023 dan pembentukan panitia khusus DPRD Kabupaten Lahat yang membahas pertambangan batubara di Kabupaten Lahat, Senin (18/07/2022).

“Rapat paripurna DPRD Lahat XIII masa persidangan ke tiga dibuka, membahas rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Lahat tahun anggaran 2023 dan pembentukan panitia khusus DPRD Kabupaten Lahat yang membahas pertambangan batubara di Kabupaten Lahat,” kata Fitrizal.

Fitrizal juga menyampaikan bahwa adanya keinginan untuk mengelola keuangan negara dan daerah secara efesien dan efektif.

“Penyampaian kebijakan umum anggaran oleh kepala daerah kepada DPRD untuk dibahas dalam pembicaraan pendahuluan RAPBD adalah awal dari penyusunan anggaran, kebijakan umum anggaran (KUA) memuat kebijakan bidang pendapatan belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode Satu (1) oleh karena itu KUA merupakan landasan dalam penyusunan rancangan APBD,“ Jelas Fitrizal

Bupati Lahat, Cik Ujang dalam pidatonya menyampaikan, Dokumen rancangan KUA merupakan dokumen yang memuat kebijakan pendapatan belanja daerah, pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya, apapun tujuan disusunnya rancangan KUA adalah untuk memberikan arahan kebijakan dalam penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah.

“Sedangkan rancangan PPAS adalah rancangan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada organisasi pers daerah (OPD), untuk setiap program sebagai acuan dalam penyusunan RKA-SKPD. Rancangan PPAS yang disusun melalui tahapan yaitu, menentukan Skala prioritas untuk urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib bukan pelayanan dasar, urusan pilihan, dan urusan pemerintah fungsi penunjang. Menentukan urutan program untuk masing masing urusan, menyusun plafon anggaran sementara untuk masing masing program. Pada akhirnya nanti, kesepakatan KUA dan PPAS akan menjadi pedoman penyusunan RKA-SKPD, RKA-PPKD dan acuan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD),” jelas Cik Ujang.

Rapat paripurna yang langsung dibuka oleh Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi dihadiri oleh Bupati Lahat Cik Ujang, Wakil Haryanto, Dandim 0405 Lahat, Kapolres Lahat, Ketua Pengadilan Negeri, Sekda Lahat Chandra, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita, Ketua Ikatri, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, Assisten, Staf Ahli,Tim Percepatan Pembangunan dan seluruh OPD dan Camat se-Kabupaten Lahat. (red)