Pemkab Empat Lawang Teken Komitmen Dengan Perwakilan BPKP Sumatera Selatan

Empat Lawang – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan melakukan Penandatangan Komitmen Percepatan Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Menuju Level 3 bersama Pemerintah Kabupaten Empat Lawang diruang Rapat MADANI Pemkab Empat Lawang, Rabu, (27/7/2022).

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, S.Si., SH., MM., MH, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Buyung Wiromo Samudro, SE., MBA, beserta rombongan atas dukungan dan bimbingan yang telah dilakukan kepada para Tim PK, Asesor Pemerintah Daerah, dan Asesor Satker, untuk menuju level 3 Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegritas di Pemkab Empat Lawang.

Dengan melihat begitu pentingnya peran sistem pengendalian intern Pemerintah (SPIP) dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintah Yang baik, maka Bupati tegaskan kepada seluruh perangkat daerah untuk menjadikan penerapan SPIP tidak hanya pada unit kerja terkecil akan tetapi hingga kepada masing masing individu. Karena SPIP bukan hanya upaya membentuk mekanisme administratif saja, akan tetapi juga upaya melakukan perubahan sikap dan perilaku.

Berdasarkan hasil laporan dari Inspektorat masih terdapat organisasi perangkat daerah yang progres penilaian mandirinya masih rendah. Diharapkan agar terus bekerja keras untuk pemenuhan kelengkapan dokumen yang diminta dan untuk perangkat daerah yang hasil penilaian mandirinya sudah sesuai target agar mempersiapkan kelengkapan dokumen pendukungnya karena hasil penilaian mandiri dari satuan kerja tersebut akan di lakukan penjamin kualitas oleh Inspektorat dan dilanjutkan evaluasi oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan.

“Saya selaku Bupati akan mendorong jajaran saya dari Sekda, Staf Ahli, Asisten, Inspektur, Kepala Dinas, Kepala Badan serta Kecamatan untuk dapat meningkatkan penerapan seluruh unsur SPIP dan melengkapi serta memperbaharui dokumen pendukung pemenuhan Maturitas SPIP menuju level 3 Maturitas penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah SPIP terintegrasi di Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang. Tujuan kita mencapai nilai maturitas spip level 3 bisa di capai,”ucap Joncik Muhammad.

Buyung Wiromo Samudero, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan dalam sambutannya mengapresiasi capaian dalam pengelolaan anggaran sehingga bisa meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 6 Tahun berturut-turut.

“Sungguh loncatan luar biasa bagi Pemkab Empat Lawang yang pada Sudah 6 kali meraih predikat WTP. Untuk meraih nilai bagus SPIP merupakan tanggung jawab Kepala Daerah yang dibantu kepala-kepala OPD,” tutur Buyung Wiromo Samudero.

Tak hanya itu, Buyung juga menekanan pentingnya suasan kerja yang baik, pelayanan yang prima, komitmen, Sumber Daya Manusia (SDM) dan dukungan Kepala Daerah sehingga nantinya Kabupaten Empat Lawang bisa meraih level 3 SPIP.

“Intinya dalam melaksanakan kegiatan kita ciptakan suasana kondusif, fokus bekerja, bukan hanya bisa buat surat kaleng dan melaporkan kepala OPD ke instansi berwenang,”tutup Buyung.

SPIP terdiri atas lima unsur lingkungan, pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan pengendalian intern. Penerapan unsur SPIP tersebut harus dilaksanakan menyatu dan menjadi bagian integral dari kegiatan Instansi Pemerintah. (red)