Kejurda Panjat Tebing FPTI Lahat Diikuti Ratusan Atlit

LAHAT, BL- Ratusan atlit panjat tebing di Sumatera Selatan mengikuti kejuaraan daerah panjat tebing yang digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pengkab Lahat. Para atlit yang didominasi oleh para pelajar ini bersaing untuk memperebutkan medali dalam 12 kategori lomba yang diperlombakan. Kegiatan yang digelar di venue Panjat Tebing FPTI Lahat di Halaman GOR Bukit Tunjuk ini, turut dihadiri dan dibuka langsung secara resmi oleh Bupati Lahat Cik Ujang, didampingi Ketua FPTI Sumsel Beni Hardeni, dan Ketua FPTI Lahat AS. Resmiadi.

Dalam sambutannya, ketua FPTI Lahat sangat berterimakasih atas support yang telah diberikan oleh pemerintah Kabupaten Lahat dan juga para sponsor, atas terselenggaranya Kejurda Panjat Tebing yang diikuti oleh 8 Kabupaten/Kota se Sumsel. Diantaranya, Kabupaten Lahat, Muara Enim, Pali, Empat Lawang, Musi Banyuasin, OKI, Kota Palembang, dan Kota Lubuk Linggau.

“Ada 247 peserta yang akan berlomba, 154 orang putra dan 93 orang putri. Ini merupakan rangkaian program kerja dari FPTI Lahat untuk mencari bibit-bibit atlit muda sebagai persiapan menjadi tuan rumah Porprov tahun depan,” kata Resmiadi, Sabtu, (30/7/2022).

Sementara itu, ketua FPTI Sumsel Beni Harnedi turut mensupport dan mengapresiasi event yang diinisiasi oleh FPTI Lahat tersebut. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa olahraga panjat tebing di Lahat semakin banyak digemari dan FPTI Lahat mampu menempati urutan ketiga di Sumatera Selatan.

“Ini adalah suatu kemajuan bagi FPTI Lahat. Saat ini Lahat menempati urutan ketiga di Sumsel. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan, apalagi mengingat Lahat akan menjadi tuan rumah Porprov tahun depan,” ujar pria yang merupakan Wakil Bupati Musi Banyuasin ini.

Disisi lain, Bupati Lahat Cik Ujang juga sangat mengapresiasi kemajuan yang ditunjukkan oleh FPTI Lahat. Kedepan, pihaknya akan membangunkan satu tower panjat tebing untuk kelas lead, yang akan digunakan dalam pergelaran Porprov tahun depan.

“Kita akan bangun satu tower lagi, agar venue Panjat tebing  ini lengkap dan bisa digunakan untuk Porprov tahun depan. Semoga hal ini nantinya bisa menjadi pelecut semangat bagi para atlit kita untuk dapat terus berprestasi,” pungkasnya.