Sosok Bang Dhani Sang Master Panahan Barebow Lahat

LAHAT, BL – Olahraga panahan kian kemari kian banyak digemari oleh para pelajar hingga orang dewasa, minat memanah di Indonesia pada umum nya kini merambah hingga ke pelosok kota tak terkecuali kabupaten Lahat.

Jika berbicara olahraga panahan di kabupaten Lahat, maka siapa yang tak kenal dengan “Bang Dhani Anang” seorang atlit sekaligus pelatih panahan di KONI dan klub panahan panahMu yang berada di kabupaten Lahat, dengan sederet mendali panahan yang dimiliki nya, Dhani terkenal di pulau Sumatra sebagai master panahan baru yang membesarkan nama kab lahat serta klub panahan Muhammadiyah “panahMu”.

Sosok Dhani yang juga sebagai guru sekolah di SMP Muhammadiyah Kabupaten Lahat memulai olahraga panahan pada tahun 2018, tak menunggu lama, pada tahun 2019 Dhani mulai memanen mendali pada ajang even panahan mulai dari Provinsi Bengkulu, Jambi Lampung hingga ajang internasional di Jakarta.

Nama nya kian melejit pada tahun 2020 hingga kini, Dhani yang juga berprofesi sebagai pedagang pasar pekan tersebut terus mengoleksi mendali yang sudah tidak bisa dihitung lagi dengan jari, tercatat ada 26 mendali mulai dari emas perak dan perunggu yang didapat oleh Dhani di 30 ajang even internasional, nasional dan lokal.

Pria kelahiran Lahat, 30 Juli 1980 ini telah mengharumkan nama kabupaten Lahat terakhir pada ajang KARTINI INTERNASIONAL CHAMPIONSHIP 2022 ke-5 pada maret 2022 lalu, Dhani pulang membawa mendali emas yakni juara satu pada sesi kedua dan juara 3 pada total skor. Tak hanya kab Lahat, klub panahan Muhammadiyah panahMu juga turut bangga dikarnakan Dhani juga mengenakan Jersey panahMu pada ajang tersebut.

Bang Dhani yang juga pelatih inti pada klub panahMu di Kabupaten Lahat kini sudah membuka pelatihan panahan di klub nya, tercatat ada 25 atlit mulai dari anak sekolah dasar hingga dewasa yang dilatihnya bersama panahMu di Gedung Dakwah Muhammadiyah. Ketua panahMu kab Lahat Rahmat Thamrin St Marajo mengatakan, rencananya mendatang akan membuka sekolah panahan besar di Kabupaten Lahat yang melibatkanlangsung coach Dhani didalam nya.

Pekan depan, Dhani menjadi pelatih yang membawa atlit panahan Kabupaten Lahat yang akan berlaga pada ajang Popda di Palembang, sebanyak 5 atlit putra dan putri yang dikirim kab lahat ikut berlaga mengharumkan nama Lahat.

“Minta doa nya kepada masyarakat kab Lahat, semoga kami dapat mengharumkan nama Lahat kembali, dan mohon support juga kepada Dinas Pendidikan KONI dan DISPORA atas kegiatan ini” pungkas Dhani. (Aya Dahlan)